Dibeli Sharp, Toshiba Resmi Mundur dari Bisnis Laptop | harga-laptop.net

Dibeli Sharp, Toshiba Resmi Mundur dari Bisnis Laptop

Toshiba akhirnya resmi mundur dari bisnis laptop mereka. Setelah berkecimpung di industri laptop selama 35 tahun, Toshiba akhirnya resmi melepas bisnis laptop mereka ke Sharp.

Dua tahun lalu, Toshiba telah menjual saham bisnis laptop mereka ke Sharp sebanyak 80,1 persen. Lalu kemudian Sharp mengganti nama dari divisi laptop Toshiba menjadi Dynabook.

Lalu pada bulan Juni lalu, diketahui Toshiba telah mentransfer sisa saham minoritasnya ke Sharo, yaitu sebesar 19,1 persen. Dan pada tanggal 4 Agustus lalu, Toshiba merilis pernyataan bahwa kesepakatan antara keduanya telah selesai.

Baca Juga: Gandeng Intel, MediaTek Hadirkan Modem 5G Khusus Laptop/PC

“Sebagai hasil dari pengalihan ini, Dynabook telah menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sharp,” kata Toshiba dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari The Verge.

Toshiba memulai bisnis laptop pertama merka di tahun 1985. Kala itu, Toshiba merilis PC laptop pertama yaitu T1100 dengan baterai yang dapat diisi ulang, dengan floppu drive 3,5 inci serta memori 256KB.

Meski awalnya Toshiba tidak begitu yakin dengan komputer portable, namun akhirnya era tersebut akhirnya tiba dan Toshiba menjual T1100 dengan harga USD 2000.

Hingga awal tahun 2000an, Toshiba menjadi salah satu brand PC laptop teratas. Di tahun 2011, Toshiba memiliki pasar pangsa tertinggi yaitu mampu menjual sekitar 17,7 juta PC.

Namun kemudian kepopuleran Toshiba kian menurun mengingat banyaknya produsen baru yang bermunculan dan menawarkan beragam fitur unik. HIngga pada tahun 2017, Toshiba akhirnya hanya mampu menjual sekitar 1,4 juta unit PC.

Hal tersebut akhirnya memaksa Toshiba menjual saham mereka ke Sharp. Dan kini dengan bendera baru Dynabook, Sharp akan melanjutkan estapet industri laptop milik Toshiba tersebut.

Baca Juga: Review MSI Prestige 15: Laptop Video Editor yang Ringan dan Tipis

Sejak dibeli Sharp dan berubah nama menjadi Dynabook, beberapa laptop terbaru telah diluncurkan yaitu seri Portege, Tecra dan Satelit. Ketiga seri Dynabook ini menyasar segmen laptop bisnis, dengan spesifikasi beragam.

Toshiba Sharp Laptop Dynabook

Di Indonesia sendiri, Dynabook sempat menjual produk mereka yaitu telah merilis beberapa seri laptop diantaranya yaitu Portege X30, Tecra X40, dan Portege A30.

The post Dibeli Sharp, Toshiba Resmi Mundur dari Bisnis Laptop appeared first on Jagat Review.

Latest articles

Direct Release: Tiga Laptop Gaming Baru yang Akan Diperkenalkan...

ASUS menghadirkan tiga gaming laptop paling inovatifnya di acara ROG terbesar di Indonesia Jakarta (10 Juli 2019) – ASUS sedang mempersiapkan acara spesial yang akan digelar...

Seminar Kupas Tuntas Teknologi Komputer Berlanjut di BINUS Syahdan

Setelah menggelar Seminar Kupas Tuntas Teknologi Komputer di BINUS Alam Sutra, pada Sabtu lalu (30 November 2019), Jagat Review dan Bina Nusantara (BINUS) University...

LG Umumkan Laptop Baru Berbasis 10th Gen Intel Core

Sejak merilis laptop LG Gram, sang produsen elektronik ternama dunia asal Korea Selatan ini memberikan ciri khas atau nilai jual dari produknya ini dengan...

Perkuat Lini Gaming, ADATA Siap Luncurkan Laptop Gaming Tahun...

Menjelang datangnya tahun 2020, sejumlah perusahaan sudah menyiapkan beraneka rencananya untuk mengekspansi bisnis mereka, salah satunya adalah ADATA. Produsen storage ternama asal Taiwan ini...

Similar articles